Sabtu, 30 Maret 2013

Strategic management

Tidak ada matinya membahas strategic management bagi setiap entrepreneur ataupun top manajemen suatu perusahaan. Apalagi seiring dengan perubahan lingkungan bisnis yang selalu berubah setiap saat.

Perubahan lingkungan ini benar-benar mempengaruhi perusahaan yang terus berproses untuk mencapai tujuan perusahaan itu sendiri. Tujuan yang selalu digaung-gaungkan oleh business owner yaitu profit, people, planet dan sustainability bisnis dijangka panjang.

Hal ini adalah dasar yang harus dipahami oleh setiap business owner setiap hari dan setiap saat. Kebesaran bisnis sangat tergantung kepada entrepreneur melihat dan memahami serta mengantisipasi perubahan lingkungan tersebut.

Oleh karena itu, strategic management adalah salah satu tool yang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur dimanapun mereka berada. Strategic management merupakan bagaimana manajemen bisa mendapatkan value yang unggul dari setiap aktivitas bisnis mereka.

Strategic management berhubungan dengan bagaimana proses manajemen digunakan untuk membuat keputusan yang valuable bagi perusahaan. Suka atau tidak, hal ini akan terjadi dalam setiap entrepreneur.

Awalnya adalah dengan membuat perencanaan atas setiap keputusan bisnis yang hendak diambil oleh para entrepreneur tersebut. Dalam konteks strategic management, perencanaan ini relevan dengan perubahan lingkungan bisnis.

Sebagai contoh, hari kemaren adalah libur paskah bagi umat kristiani, tetapi juga buat masyarakat Indonesia. Sebagai business owner, libuarn ini harus dipahami dan dimanfaatkan sebagai peluang buat bisnis kita.

Akan tetapi, juga menjadi ancaman yang mungkin tidak kita sadari dengan baik. Banyak informasi yang mungkin tidak muncul dalam setiap event seperti ini.

Oleh karena itu, mendapatkan informasi atas setiap perubahan lingkungan akan sangat penting bagi perusahaan kita. Peduli dan sensitif lah terhadap perubahan lingkungan kita agar kita bisa memaksimalkan kekuatan perusahaan dan peluang dari lingkungan eksternal perusahaan tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan dan tetap unggul dibanding pesaing.

Salam tumbuh dan berkembang buat bisnis kita semua...
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar