Sabtu, 06 April 2013

Strategic management untuk para entrepreneur

Sekali lagi bicara tentang strategic management menjadi semakin menarik bagi saya yang berperan sebagai mahasiswa, dosen, praktisi dan juga sebagai coach bagi anak didik saya. Peran yang multi ini membuat saya semakin tertantang untuk memahami dan mendalami strategic management. Hmmm... Bisa ngga ya?

Kenyataannya bisa ... Itulah yang saya rasakan saat ini sebagai orang yang berperan seperti di atas. Hal ini semakin terasa seiring dengan perjalanan waktu dalam menjalani bisnis tersebut, dari hari ke hari.

Kepedulian saya terhadap strategic management ini seiring dengan pembelajaran yang saya berikan kepada para anak didik dalam binaan saya. Sudah beberapa tahun dilakukan dan semakin paham kondisi yang sebenarnya. Waduh... Kasihan juga mereka kurang bisa menumbuh kembangkan bisnis mereka.

Perubahan ini tidak terjadi karena keterbatasan mereka pada pemahaman konsep strategic managemen dalam bisnis mereka. Knowledge, skill dan attitude mereka sangat terbatas dalam konteks ini. Waduh... Ngga mungkin ini dibiarkan oleh saya.

Kenapa demikian? Saya berharap mereka bisa menumbuh kembangkan bisnis tersebut dengan baik, efektif dan efisien. Hal ini menjadi prinsip buat saya. 10 tahun kedepan, akan lahir pebisnis sukses.

Konsep strategic management harus saya share terus kepada para entrepreneur tersebut. Konsep ini harus didalami dengan baik dan dihubungkan dengan bisnis mereka secara keseluruhan. Selain itu, harus disederhanakan oleh saya biar mereka mengerti dengan konsep ini.

Setelah itu, mereka harus mampu menerapkan pengetahuan ini dalam keseharian mereka. Kemampuan menerapkan ini sangat penting karena menentukan hasil yang diharapkan oleh para entrepreneur. Kemampuan mengaplikasikan ini adalah tujuan dari setiap coach kepada anak didiknya.

Apa yang harus saya lakukan? Pertanyaan ini perlu saya renungi untuk mendapatkan jawaban. Jawaban yang tepat sangat penting biar solusinya dapat.... Nah lho he2...
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar