Rabu, 24 April 2013

Menjaga keseimbangan...

Malam ni saya ketemu dengan manajer pkbl PT Kereta Api Indonesia, Bapak Fakih, sangat beruntung ketemu dengan pak Fakih yang sangat bijak, bagi saya. Banyak pelajaran yang saya dapat. Beruntungnya saya malam ini.

Salah satu pelajarannya adalah dalam konteks manajemen stratejik. Wah.. Penting sekali buat saya. Sebagai mahasiswa dan pelaku bisnis, konsep ini sangat relevan.

Saya adalah orang yang mengagumi PT KAI dalam konteks manajemennya saat ini. Dalam kepemimpinan Bapak jonan, banyak perubahan stratejik dalam bumn ini. Perubahan menuju arah yang jauh lebih baik.

Sebagai salah satu bumn yang bersifat strategis, tuntutan kepada manajemen sangat tinggi. Ngga gampang. Tapi pak junan, bisa melewatinya.

Tapi, dibalik itu, saya menangkap banyak tim besar dibelakang beliau. Tim tersebut adalah seorang pak fakih. Beliau menyatakan, diperlukan keseimbangan dalam menjadikan PT KAI sebagai bumn yang besar.

Keseimbangan dalam hal apa? Keseimbangan dalam manajemen. Seorang pemimpin yang bagus harus diseimbangkan dengan pengikut yang bagus juga.

Oleh karena itu, diperlukan penyeimbang dalam arti bahwa pemimpin dan pengikut harus sama-sama memiliki visi yang sama. Keseimbangan antara manajemen dan pengikut menjadi sangat penting.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar