Senin, 31 Desember 2012

Siapa yang dapat memprediksi tahun depan?


Kemampuan memprediksi kondisi ekonomi dan sosial, politik, hukum dan budaya di tahun 2013 adalah WAJIB hukumnya bagi seorang ahli strategi dalam perusahaan. Hal ini bukan dimaksud seorang ahli strategi menjadi peramal yang menggunakan jampe-jampe sebagai alat memprediksi tahun depan tersebut. 

Kemapuan ini berhubungan dengan salah satu fiungsi dalam manajemen strategis yaitu melakukan assessment terhadap lingkungan internal maupun lingkungan eksternal perusahaan yang nantinya dianalisis dan akan memberikan masukan bagi pilihan strategi perusahaan di tahun depan. 

Faktor eksternal yang sangat berpengaruh ditahun depan adalah kondisi skonomi Indonesia secara makro yang dapat dilihat pada aspek nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, tingkat inflasi dan lain-lain.

Kejelian dalam menganalisis kondisi lingkungan eksternal ini sangat diperlukan karena bisnis itu berhubungan dengan lingkugan ekonomi saat ini dan tahun depan. 

Salah satu alat yang bisa digunakan dalam melihat prediksi tahun depan adalah outlook ekonomi yang sering dilakukan berbagai pihak di negara ini dan analisis mereka dapat digunakan sebagai dasar memprediksi tahun depan.        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar